Rabu, 11 April 2012

KEBIASAAN YANG TERLUPAKAN





Hari  minggu kedua berangkat kuliah, aku benar-benar sadar dengan diriku sendiri akan pentingnya kesehatan yanmg mungkin di awali dari hal yang sepele tetapi justru aku lupakan begitu saja.Ilmu dari bu Ninik salah satu tutor mapel IPA benar-benar membuka pikiranku akan pentingnya menjaga kesehatan.

Mencuci tangan sebelum makan,setelah ke toilet,dan setelah beraktivitas memang wacana penting yang sering kita dengar,tetapi pada kenyataan prakteknya justru di abaikan oleh kita.Kebanyakan mereka masih awam terhadap akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan buruk itu,mereka mungkin berpikir jika sakit ya minum obat.
hey...mencegah lebih baik daripada mengobati,bisa saja dari hal yang kelihatannya sepele seperti itu malah menjadi berakibat buruk untuk kedepannya.

Berbicara masalah mencucui tangan sebelum makan,anak-anak biasanya lebih rentan terserang diare atau cacingan.Bagaimana itu bisa terjadi?.

Cacinngan disebabkan oleh cacing Oxyuris Sp atau yang kita sering menyebutnya cacing kremi,telur cacing dilepaskan atau diletakan oleh si induk pada daerah anus atau tempat keluarnya kotoran, karena terkadang terasa gatal sehingga anak-anak reflek menggaruknya sehinggga telur-telur itu berpindah ke tangan,pakaian dan benda lain yang ia pegang.Jika pada saat makan tidak mencuci tangan maka telur telur itu tertelan kembali siklus itu disebut autoinfeksi dan cacing menetas pada usus kecil dan mengambil sari-sari makanan yang seharusnya digunakan untuk proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh pada anak.
Cacingan bisa dicegah dengan meminum obat anti parasit yang bisa kita temui di apotek,

Selain itu kita juga harus rutin melakukan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini:
1 Biasakan mencuci tangan sebelum, setelah makan,dan setelah ke toilet 
2 Mencuci pakaian dan seprei dengan bersih
3 Rutin memotong kuku
4 Hindari menggaruk dengan tanggan daerah anus saat terasa gatal
5 Membersihkan jamban secara teratur. 

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar