Jumat, 18 Mei 2012

Ide menulis datangnya dari mana?




Serasa senang  serta kagum setiap melihat teman - teman yang jago dan lihai dalam dunia tulis menulis, tak jarang pula banyak orang yang ingin terjun di dalamnnya.
Tapi bagaimana ide - ide itu bisa muncul dengan mudahnya?.
Apakah mood seseorang  mempengaruhi?

Banyak yang berpikir mungkin itu sudah bakat yang ada sejak lahir, penggunaan kiasan serta kata - kata yang indah dan tepat kadang bisa membuat si pembaca serasa ikut larut dalam situasi itu.
memang seorang yang biasanya mahir dalam menulis pastilah suka membaca.karena dengan membaca, selain menanmbah ilmu pengetahuan juga dapat memperkaya kosa kata.Tetapi jika dilihat pada kondisi saat ini minat baca anak - anak memang memprihatinkan. Apalagi anak - anak sekolah dasar,disaat bel istirahat berbunyi mereka lebih senang masuk kantin daripada masuk perpustakaan.Ironis memang,disaat jaman seperti ini yang mengutamakan kecakapan dalam pengetahuan,tetapi minat baca sedari kecil dibiarkan seperti itu.

Saya pernah membaca blog tentang cara - cara menulis, latihan secara terus menerus adalah langkah awalnya. Tapi latihan menulis ini adalah latihan menulis bebas.Dalam latihan ini, penggunaan otak kanan dan kiri dilakukan secara seimbang.
Otak kanan biasanya berisi tentang imajinansi,fantasi,dan kebebasan dalam berpikir. Sedangkan otak kiri berisi tentang aturan - aturan serta teori yang berlaku.
Sebagian besar orang yang baru belajar menulis,salah satunya saya ini.Selalu menggunakan otak kiri lebih dulu dari pada otak kanan, sehingga ide yang terkadang muncul ,tiba - tiba berhenti begitu saja dan setelah itu pastilah minat untuk menulis terhenti.

Tetapi berbeda ketika saya menggunakan otak kanan terlebih dahulu kemudian otak kiri, hasilnya benar - benar menakjubkan.yaa..walaupun masih acakadul tulisannya tapi saya puas.
Setelah saya membaca blog itu saya jadi lumayan rajin menulis, terkadang jika saya sedang mood saya catat di notes atau handphone ide - ide itu kemudian saya kembangan saat saya di rumah.
Ide bisa berasal dri mana saja,dari kejadian yang kita lihat dan alami,bahkan hal yang terlihat sepele bisa menjadi tulisan yang menarik.tentu permainan kosa kata sangatlah penting.

Jika teman teman  berminat mendalami dunia tulis menulis wajib baca nih..di http://www.jonru.net/ barang kali setelah membaca blog itu jadi timbul keinginan untuk menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar