Kamis, 31 Mei 2012

Mensyukuri Nikmat





Dari pengajian semalam Alhamdulillah.. aku mendapat ilmu lagi, di adakan di Masjid At Taqwa desa Pekunden, bertempat dekat dengan kediamanku. Pengajian yang dilaksanakan dalam rangka memperingati datangnya bulan rajab,dengan pembicara yaitu KH.Dzakiul Fuad Hisyam pengelola Pondok Pesantren Leler Randegan, Kebasen , Banyumas.

Beliau membahas tentang syukur kepada Allah SWT.
Syukur ada 3 macam yaitu:
1.Syukur Biljanan
2.Syukur Bilisan, dan
3.Syukur Biladan

Syukur Bilijan adalah bentuk rasa syukur kepada Allah yang diakui dalam hati

Syukur Bilisan adalah bentuk rasa syukur kepada Allah yang di ucapkan melalui lisan yakni dengan
mengucap kalimat "Alhamdulillah hirobbil'alamin"

Sedangkan Syukur Biladan adalah bentuk rasa syukur kepada Allah yang diapresiasikan melalui perbuatan. contohnya: besedekah, datang ke tempat ibadah, intinya melakukan kebaikan didasari karena rasa syukur kepada Allah.

Syukur adalah salah satu dari bermacam - macam senjata sukses yang diberikan oleh allah kepada kita.
Ada sebuah dalil yang menyatakan:

"Lainsyakartum la aziiddanakum"
Barang siapa yang bersyukur pasti akan di tambahkan nikmatnya oleh Allah.

Dan senjata sukses yang lain adalah orang yang rajin shalat, tetapi pada kenyataannya banyak orang yang mengerjakan shalat orang tersebut tetap saja mendapat kesulitan.
Kenapa..?

Jawabannya adalah karena sholat nya tidak khusyuk.
apa itu khusyuk?

Khusyuk menurut imam Ghazali adalah hati hanya tertuju, terpusat kepada Allah semata.

Segala kegiatan dari kita bangun tidur hingga tidur kembali jika diniati sebagi rasa syukur kepada Allah yakni dengan berdo'a maka pastilah berkah Allah akan selalu menghampiri kita.Aamiin

Itulah sedikit ilmu yang bisa saya bagi kepada teman semua, semoga bermanfaat..

Senin, 28 Mei 2012

TAK SEBANDING






Sakit kepalaku kemarin benar - benar luar biasa terasa, seperti ditusuk - tusuk >,< tapi itu mengingatkanku kepada suatu hal yaitu "IBU"

Baru tersadar disaat rasa sakit menyerang tubuhku, aku membayangkan betapa lebih sakitnya ibu melahirkanku  22 tahun yang lalu.

Perjuangan seorang Ibu dalam membagi separuh dari nyawanya untuk buah hati tercinta, dan disaat memandang buah hahtinya itu, rasa sakit yang dirasa seolah teerbayar lunas begitu saja.

Aku memang belum pernah merasakannya, tapi mungkin saat aku merasakannya aku akan segera memohon ampun terhadap ibuku, atas semua kesalahahnku kepadanya.

Rasa sakit ini mungkin hanya secuil saja untukku sebagai testing awal kodrat seorang wanita, bagaimana dan seberapa sabarkah kita,seberapa kuatkah kita menahannya.

Sakit memang hal wajar yag di alami oleh setiap manusia, tapi sakit itu lah yang mengajakan kita bagaimana dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik - baiknya.

Dan ,mulai saat ini aku harus benar-benar menjaga diriku sendiri, sakit memang takdir tapi menjadi sehat itu pilihan.

Untuk teman - teman yang lain tetap semangat!!! yah..^^
jaga kesehatan dan buang keluh kesah di saat sakit menyapamu. Ingat saja saat ibu mu melahirkan mu maka kamu pasti akan lebih bersabar.Aamiin 

Jumat, 18 Mei 2012

Ide menulis datangnya dari mana?




Serasa senang  serta kagum setiap melihat teman - teman yang jago dan lihai dalam dunia tulis menulis, tak jarang pula banyak orang yang ingin terjun di dalamnnya.
Tapi bagaimana ide - ide itu bisa muncul dengan mudahnya?.
Apakah mood seseorang  mempengaruhi?

Banyak yang berpikir mungkin itu sudah bakat yang ada sejak lahir, penggunaan kiasan serta kata - kata yang indah dan tepat kadang bisa membuat si pembaca serasa ikut larut dalam situasi itu.
memang seorang yang biasanya mahir dalam menulis pastilah suka membaca.karena dengan membaca, selain menanmbah ilmu pengetahuan juga dapat memperkaya kosa kata.Tetapi jika dilihat pada kondisi saat ini minat baca anak - anak memang memprihatinkan. Apalagi anak - anak sekolah dasar,disaat bel istirahat berbunyi mereka lebih senang masuk kantin daripada masuk perpustakaan.Ironis memang,disaat jaman seperti ini yang mengutamakan kecakapan dalam pengetahuan,tetapi minat baca sedari kecil dibiarkan seperti itu.

Saya pernah membaca blog tentang cara - cara menulis, latihan secara terus menerus adalah langkah awalnya. Tapi latihan menulis ini adalah latihan menulis bebas.Dalam latihan ini, penggunaan otak kanan dan kiri dilakukan secara seimbang.
Otak kanan biasanya berisi tentang imajinansi,fantasi,dan kebebasan dalam berpikir. Sedangkan otak kiri berisi tentang aturan - aturan serta teori yang berlaku.
Sebagian besar orang yang baru belajar menulis,salah satunya saya ini.Selalu menggunakan otak kiri lebih dulu dari pada otak kanan, sehingga ide yang terkadang muncul ,tiba - tiba berhenti begitu saja dan setelah itu pastilah minat untuk menulis terhenti.

Tetapi berbeda ketika saya menggunakan otak kanan terlebih dahulu kemudian otak kiri, hasilnya benar - benar menakjubkan.yaa..walaupun masih acakadul tulisannya tapi saya puas.
Setelah saya membaca blog itu saya jadi lumayan rajin menulis, terkadang jika saya sedang mood saya catat di notes atau handphone ide - ide itu kemudian saya kembangan saat saya di rumah.
Ide bisa berasal dri mana saja,dari kejadian yang kita lihat dan alami,bahkan hal yang terlihat sepele bisa menjadi tulisan yang menarik.tentu permainan kosa kata sangatlah penting.

Jika teman teman  berminat mendalami dunia tulis menulis wajib baca nih..di http://www.jonru.net/ barang kali setelah membaca blog itu jadi timbul keinginan untuk menulis.

Minggu, 06 Mei 2012

Belajar yang Menyenangkan



Menjadi seorang guru mungkin tidak pernah terpikir dalam benak ku pada beberapa tahun yang lalu.Tetapi entah mengapa pada awal tahun ini hatiku tergerak ingin berkecimpung di dunia.Dimana keceriaan anak -anak yang masih polos memandang kehidupan , celotehan, gurauan,perkelahian kecil  yang terjadi seolah menjadi daya tarik bagiku untuk masuk kedalamnya.

Dunia pendidikan anak kini terasa begitu menarik bagiku,sehingga aku ingin sekali mengajarkan ilmu yang telah aku miliki kepada mereka,tentulah kesulitan pasti ada,salah satunya yaitu cara penyampaian ilmu nya.Guru yang pintar bukanlah guru yang menonjolkan dirinya pandai,tetapi mampu membuat anak didiknya pandai dari segi akademik dan nonakademik serta perilaku budi pekerti yang dimiliki.


Dimulai dari siswa tersebut,dari sekian banyaknya anak-anak memiliki sifat dan perilaku yang homogen sehingga perlu penyampaian ilmu yang menarik dan menyenangkan bagi anak.Aku pikir agar mampu menyamapikan dengan mudah maka haruslah lebih dulu memahami bagaimana karakter mereka. Bukankan ada pepatah" Tak Kenal Maka Tak Sayang"

sehingga hal ini memunculkan sebuah ide,tentang membuat "Catatan Harian Siswa". Dimana anak sendiri yang menulis catatan tersebut pada sebuah buku, menceritakan tentang kejadian yang mereka alami pada hari itu, mengeluarkan semua emosi yang mungkin sulit di utarakan oleh anak. Anak akan diberi kebebasan dalam menulis tentang apa yang ada dalam pikiran serta imajinasi mereka.

Dengan membuat catatan harian siswa tersebut,diharapkan :

1. Guru mampu melihat karakter /sifat anak didiknya lebih mendalam melalui catatan tersebut

2. Guru melihat hal-hal yang mungkin mempengaruhi terhambatnya belajar yang efektif pada        anak pada catatan itu

3. Guru mampu menarik kesimpulan secara menyeluruh tentang hal/kegiatan apa yang disukai   dan dibenci anak 

4. Dengan melihat catatan harian tersebut guru mampu menginstrospeksi dirinya dalam hal penyampaian materi pelajaran yang mungkin anak sulit menangkapnya.

5.Dan bagi perkembangan anak, menulis dapat mengasah kemampuan anak dalam hal tulis menulis yang mungkin suatu saat hasil tulisanya membuahkan karya dan bermanfaat.

Selain dengan membuat catatan harian ada juga salah satu metode yang mampu mengasah berfikir anak yaitu "Surat dari Kotak Pos",sebenarnya cara ini aku adaptasi dari seorang guru SLTP Negeri 15 Mataram,Nusa Tenggara Barat yaitu oleh Bapak Abdul Kadir,S.Pd.yang aku baca dalam modul kuliahku.

Sebenarnya caraku hampir serupa,alat dan bahanya kertas untuk soal dan lembar jawaban, amplop dan kotak pos.Satu siswa harus memiliki satu kotak pos yang bisa di buat dari kardus atau kayu yang berinisialkan nama mereka,setiap pagi anak akan membuka kotak pos mereka dan mengerjakan soal - soal yang di berikan oleh guru.selain berisi soal pelajaran ,amplop juga di isi tentang teguran - teguran kecil atau kata kata penyemangat bagi anak. Setelah menjawab soal - soal tersebut anak akan mendapatkan poin, dan poin yang tertinggi dalam kurun waktu satu atau dua minggu akan mendapat hadiah.

Dengan cara ini diharapkan:
# Siswa mampu mengasah atau mengulang kembali pelajaran yang pernah diajarkan
# Cara belajar yang unik memungkinkan siswa lebih semangat dalam menerima pelajaran
# Dengan pancingan hadiah bagi yang memeiliki poin tertinggi memacu anak untuk berlomba - lomba dalam belajar.

Pada kondisi yang sebenarnya mungkin akan sedikit sulit dilakukan,tetapi sesuatu hal yang dilakukan dengan sepenuh hati pasti akan menghasilkan hasil yang manis,Insya allah..