Rabu, 18 Juli 2012

DOSA JEMPOL





Marhaban ya ramadhan..

Tak terasa insya Allah esok adalah bulan ramdhan, bulan yang lebih bermakna dibandingkan dengan seribu bulan, bulan dimana Allah mengobral pahala, bulan dimana dibukakanya pintu - pintu syurga dengan seluas luasnya dan ditutupnya pintu - pintu neraka. Subhanallah..

Betapa gembiranya hati ketika sudah berbicara tentang ramadhan, walaupun aku sadar masih banyak kekurangan dalam menghadapi bulan ramadhan ini.

Menyesal iya, jika mengingat ramadhan tahun - tahun lalu yang terlewat begitu saja, dan mulai sekarang aku harus berbenah diri dan bersiap - siap menyambutnya dengan penuh semangat, rasa bahagia dan kegembiraan.

Bicara tentang bulan ramadhan tak lepas dari yang namannya puasa, ya iya lah....(hehe), yups.. Puasa atau Shaum dalam bahasa arabnya dan fat dalam bahasa inggrisnya (hehe..kalau tidak salah).

Puasa adalah menahan diri dari aktifitas makan, minum dan yang utama dalam mengendalikan emosi dari mulai terbi fajar hingga terbenamnya matahari. 

Mungkin menahan haus dan lapar insya Allah bisa kita lakukan, tapi yan paling cukup sulit adalah mengendalikan emosi kita, salah satunya bergunjing.
Yaah..memang itu identik sekali dengn kaum hawa tapi tidak semua kok..(hehe)

Melihat jaman yang sudah maju dalam hal teknologi seperti sekarang ini bergunjing atau gosip jadi semakin meluas, naah...ini taktik syetan yang terbaru,yang mungkin kita tidak menyadarinya.

Sekalipun kita berdiam diri di rumah sendiriaan tapi kita mengumbar keburukan orang lain atau bercanda walaupun itu disengaja dalam media sosial, ya sama saja...,

Kata Ustadz Yusuf Mansyur ini  nama ngetrendnya adalah Dosa Jempol.
hehe..lucu namanya ya?tapi memang betul jempol kita yang bekerja tapi yang mengendalikan kan diri kita juga toh..? 

Nah untuk menghindarinya penulis punya sedikit tips nih, bisa kalian coba dan semoga bermanfaat
Hal yang mungkin bisa dilakukan adalah untuk menghindarinya adalah

Untuk menghindarinya bisa kita non aktifkan untuk sementara akun  - akun media sosial yang kita miliki, waah...sehari tanpa update ya susah,bagi yang sudah kebiasaan.(hehe..)yah itu si terserah masing - masing saja, jika kamu sendiri merasa bisa mengontrol diri kamu sendiri it's oke..tapi tetep waspada
kalu dipikir lebih manfaat jika kita gunakan untuk aktifitas yang lain, misalnya membantu orang tua atau ber tadarus,wah...ini yang bagus.

Memanfaatkan media solsial sebagai dakwah, nah kalau inibisa di share ke teman - teman yang lain, mungin saja bisa menambah wawasan.

Sekian tips dari penulis,namun bukan berarti aku sebagi penulis bebas dari hal yang kurang baik itu tapi marilah kita bersama - dalam menghadapi dan melaksanakan puasa di bulan ramadhan dengan sebaik  - baiknya dan muhasabah(introspeksi) diri dan semoga kita menjadi pemenang sejati. Aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar